“Tangan Tuhan” Menggapai Semesta (Photo)

cosmichand1Sangat kecil dan sekarat, sungguhpun begitu merupakan bintang sangat kuat yang disebut pulsar berputar dan bercahaya tipis disekitarnya, seringkali tampak sebagai cahaya menyeramkan. Oleh sebab itu dengan PSR B1509-58, yang dulunya mengempis ke dalam lapisan yang hanya bergaris tengah 12 mil sesudah kehabisan bahan bakar.

Sungguh suatu pemandangan unik telah tercipta.

Di tampilan baru dari Chandra X-ray Observatory NASA, Sinar X berkekuatan besar terpancar dari nebula di seluruh PSR B1509-58, telah terwarnai biru untuk mengungkapkan struktur yang menyerupai tangan menggapai suatu lampu kosmis yang merah abadi.

Bintang sekarang berputar di laju putaran sebanyak tujuh kali perdetik — sebagaimana biasanya radiopulsar — memuntahkan tenaga ke angkasa dan membuat pemandangan tsb.

Medan magnet yang kuat, 15 trilyun kali lebih kuat daripada medan magnet bumi. Kombinasi demikian menggerakkan elektron dan ion menjauh dari bintang mati. Sewaktu elektron bergerak lewat nebula bermagnet, mereka menyebarkan tenaga mereka sebagai sinar X.

Para ahli astronomi percaya, cahaya merah sebetulnya awan gas tetangganya, RCW 89, mentenagai pijaran pada jari nebulaPSR B1509-58.

090404-chandra-nebula-02

Merah menandakan sinar X tenaga rendah, deretan menengah adalah hijau, dan yang paling kuat berwarna biru. Tangan biru, Struktur seperti tangan berwarna biru ditimbulkan oleh pancaran tenaga dari nebula sekitar bintang mati PSR B1509-58. Bidang merah dari sekitaran awan gas disebut RCW 89. Kredit: NASA/CXC/SAO/P.Slane, et al.

Pemandangan tsb, yang membentang 150 tahun cahaya, ialah sekitar 17.000 tahun cahaya jauhnya, oleh sebab itu apa yang kami lihat sekarang adalah bagaimana sebetulnya melihat 17.000 tahun yang lalu, hingga cahaya tiba di sini.

Setahun cahaya adalah jarak perjalanan cahaya selama setahun, sekitar 6 trilyun mil (10 trilyun kilometer).

yahoo.com

———————————————————————————-

Situs pertemanan http://www.jamuga.com

Kunjungi juga :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: